Memberikan tips seputar kecantikan agar mimpi menjadi nyata

Kenali Ciri-ciri Skizofrenia di Sekitarmu

Kenali Ciri-ciri Skizofrenia di Sekitarmu

Buat kamu yang sudah pernah menonton film yang berjudul A Beautiful Mind yang peran utamanya diperankan oleh Russell Crowe. Film ini menceritakan kisah hidup John Forbes Nash Jr. yang mengidap penyakit skizofrenia. Ketika menjalani masa pendidikannya, banyak teman kuliahnya yang menganggap dia gila karena sering bicara sendiri. Tidak hanya film ini, namun masih ada beberapa film lainnya yang membahas tentang penyakit skizofrenia. Karena banyak yang menganggap penderita skizofrenia adalah orang gila, apakah sebenarnya mereka memang gila?

Skizofrenia merupakan gangguan jiwa jenis psikosis terbanyak. Berdasarkan pernyataan Surya dan Ratri dalam buku mereka yang berjudul Sinopsis Skizofrenia, gangguan jiwa ini erat dengan perkembangan diri yang perlahan tapi progresif mengenai keanehan dalam bertingkah laku, penurunan kinerja, dan ketidakmampuan untuk memenuhi tuntutan masyarakat.

Skizofrenia ini sebenarnya adalah otak atau kepribadian yang terbelah, bahasa sederhananya yaitu pemisahan diri dari dunia nyata. Gangguan ini dapat menyebabkan penderitanya berhalusinasi dan pikirannya kacau. Ciri-ciri skizofrenia yang membedakan dari gangguan jiwa lainnya adalah penderita skizo biasanya akan berbicara tidak jelas, kehilangan identitas, berhalusinasi dan delusi, serta tanpa ekspresi. Orang dengan skizofrenia tidak dapat kita sebut sebagai gila. Karena keduanya berbeda, dan skizofrenia pun berbeda dengan psikosis. Hanya saja, psikosis merupakan salah satu ciri dari gangguan mental itu sendiri. Dan penderita tidak dapat membedakan mana kehidupan khayalan dan realita.

READ  5 Ciri-ciri Psikosomatis yang Mengganggu Aktivitas

Akibat dari gangguan ini, pengidap skizo tidak dapat berpikir, mengingat, bahkan sulit untuk memahami masalah tertentu. Skizofrenia banyak sekali jenisnya, namun yang paling sering ditemukan adalah skizofrenia paranoid. Dilansir dari Hello Sehat, penderita skizofrenia paranoid memiliki gejala delusi, maka dari itu mereka akan seperti mendengar suara-suara di dalam pikiran mereka sendiri dan menyebabkan mereka dapat melihat sesuatu yang tidak nyata.

Siapapun bisa mengalami skizofrenia, terutama bagi kamu wanita maupun pria dengan rentang usia 16 hingga 30 tahun. Namun, kasus skizofrenia paling banyak ditemukan terjadi pada pasien pria. Dari gejala-gejala umum yang terjadi, masih ada banyak gejala yang bisa dijadikan acuan sebagai ciri-ciri skizofrenia. Berikut adalah gejala yang juga ditemukan pada penderita skizofrenia.

  1. Tidak peduli terhadap penampilan dan kebersihan diri sendiri.
  2. Penarikan diri dari lingkungan sosial, baik itu keluarga maupun teman sebaya.
  3. Tidak responsif terhadap lingkungan sekitar.
  4. Kesulitan tidur atau pola tidur yang semkain berantakan.
  5. Kurangnya minat pada hal-hal yang disukai.
  6. Suasana hati yang tertekan dan sensitif.
  7. Sulit berkonsentrasi.
  8. Gerakan berbeda. Biasanya mereka akan merasa gelisah dan melakukan gerakan berulang-ulang, atau bahkan ada yang bisa berdiam diri selama berjam-jam.
READ  Bingung cara mengetahui ciri-ciri gangguan tidur berjalan. Simak berikut ini.

Gejala yang disebutkan di atas biasanya ditemukan pada usia remaja, bahkan karena ketidaktahuan atau minimnya informasi yang diterima, masyarakat akan mengira ini adalah hal yang biasa pada remaja. Pada wanita, biasanya akan menyerang di akhir usia 20-an. Dan pada pria biasanya saat masa pubertas hingga memasuki usia 20-an. Untuk anak-anak dan kaum lansia biasanya jarang sekali ada yang mengalami skizofrenia.

Sebenarnya, apa sih penyebab skizofrenia? Banyak sekali yang bisa menjadi penyebab, seperti genetik, faktor lingkungan, perbedaan struktur otak, senyawa kimia di otak, atau disebabkan oleh penyalahgunaan obat-obatan tertentu.

Jika menemukan ciri-ciri skizofrenia yang disebutkan, maka konsultasikan segera ke dokter. Mungkin ada beberapa gejala yang tidak disebutkan, namun sebagai pencegahan tetap berkonsultasi kepada ahlinya. Agar skizofrenia tidak menjadi berkepanjangan.

READ  Bingung cara mengatasi tidur berjalan. Simak berikut ini.

 

Sumber gambar: unsplash.com